evilfactorylabs

loading...
Cover image for Merangkul dan berkolaborasi

Merangkul dan berkolaborasi

evilfactorylabs
selamat datang di welcome
・3 min read

Halo warga internet,

Sudah lama kita tidak bersua di dunia maya.

Sejak hari pertama membuat grup "evilfactorylabs" di Telegram yang hanya beranggotakan @ri7nz dan @faultable , hal yang ingin kita lakukan adalah berbagi pengetahuan & pengalaman, terlepas dari latar belakang apalagi level pengalaman. evilfactorylabs sejak hari pertama menjadi "grup elit" yang kerjaannya shit posting & gosip, dan berbagi pengetahuan/pengalaman dalam bentuk tulisan hanyalah 20% dari surface nya saja.

Governance model? Tidak ada, I guess. Semua anggota bebas melakukan apa yang mereka inginkan, dan setiap anggota bisa memberikan bantuan secara sukarela jika ingin ataupun sanggup. Butuh VPS untuk belajar Kubernetes? Butuh akses ke GCP untuk belajar VPC? Butuh 100rb buat makan 2 hari karena telat gajian? Butuh badut untuk menghibur ketika sedih? Cukup tanyakan.

Jika flashback ke masa lalu, kita sempat pernah sempat melakukan "recruitment" untuk yang tertarik bergabung dengan grup elit ini. Syaratnya macam-macam & lumayan sulit, dari harus menyebutkan Pancasila sampai mengirim POST request ke suatu endpoint dengan payload tertentu. Sempat juga membuat CTF ala-ala untuk mereka yang gabut ketika 17an dan cuma mendapatkan saldo Gopay sebesar 66,666*2 IDR sebagai imbalan bagi yang berhasil menemukan bendera nya.

Sudah sekitar 2 tahun evilfactorylabs menjadi grup elit, yang pada dasarnya direksinya ada di 1 orang yang bisa dianggap sebagai diktator. Diktator tersebut merasa jika kondisi seperti itu bukanlah hal yang baik, terlebih untuk bisa berkolaborasi dengan anggota lain (ataupun komunitas lain) relatif sulit, karena sifat grup yang tertutup.

Percobaan pertama adalah dengan membuat server Discord evilfactorylabs dibuka aksesnya ke publik, meskipun tidak ada yang menarik di server tersebut (sebenarnya sejauh ini server Discord tersebut hanya digunakan untuk alert ketika ada down or something interesting) namun melihat jumlah anggota yang ternyata tidak terlalu sedikit, sepertinya membuat evilfactorylabs menjadi grup publik (alias komunitas) adalah direksi yang benar dan tidak perlu membuat percobaan kedua.

So here we are.

evilfactorylabs akan tetap menjadi sebuah perkumpulan yang mungkin sudah kalian tau, namun sekarang menjadi lebih terbuka.

Untuk berkontribusi tidak perlu ribet-ribet harus dapet alamat email @evilfactory.id dulu untuk bisa masuk ke Ghost Dashboard, menulis tulisan (ataupun hanya sampai draft!), lalu menunggu ehm editor memangkas kata & menyetujui tulisan tersebut. Cukup buat akun disini, tulis, terbitkan lalu bagikan.

Direksi seperti ini dipilih untuk bisa mewujudkan "merangkul & berkolaborasi" menjadi lebih efektif & efisien lagi. Kita tidak hanya berbagi, namun mengajak orang-orang untuk ingin berbagi juga. Namun kekurangannya satu: kita masih sulit untuk mengajak orang-orang yang ingin berbagi namun tidak bisa. Alasannya beragam, namun yang kita fokuskan adalah di medium.

Dan dengan menggunakan software yang digunakan oleh dev.to, semoga masalah tersebut dapat diselesaikan. Software tersebut adalah forem/selfhost dan yang paling kerennya, forem adalah singkatan untuk "For empowering community" yang sangat menggambarkan kebutuhan kita.

How to getting started?

Untuk saat ini belum ada proses onboarding yang sangat membantu, jadi, silahkan nikmati petualanganmu sendiri dulu!

Jika sudah lumayan familiar dengan dev.to dan tertarik ingin menulis disini (ataupun melakukan cross-post ke blog milikmu), you are very welcome!

Rulez

Just be nice.

Terserah ingin menggunakan bahasa apapun (Indonesia, Inggris, Jaksel, Sunda, Jawa) selagi tidak menyinggung hal-hal terkait SARA (Suku, Agama, Ras, Antargolongan) yang bersifat menyerang apalagi merendahkan.

Moderasi akan ada untuk bisa membuat komunitas ini menjadi (dan tetap) sehat serta bersifat inklusif untuk semua orang dari berbagai kalangan. Sebisa mungkin tidak akan ada proses censorship, namun, kita tidak akan menyediakan tempat untuk yang sifatnya hate speech.


Akan ada tulisan-tulisan menarik disini, jadi, pertimbangkan untuk bookmark situs ini dan buat akun disini untuk bisa berinteraksi dan menerbitkan tulisan disini!

See you very soon!

Discussion (13)

Collapse
wahudamon profile image
Afwa Bagas Wahuda

Semoga bakal ada banyak tulisan-tulisan baru dan resource baru yang bikin kegiatan perkodingan duniawi semakin menyenangkan.

Collapse
root profile image
evilfactorylabs Author

Jadi kapan nih bikin tulisan?

Collapse
wahudamon profile image
Afwa Bagas Wahuda

Ni lg mau bikin tulisan, eh draft maksudnya hehe

Thread Thread
faultable profile image
Rizaldy

Asiiiik! Karena semua berawal dari draft (dan berakhir menjadi draft juga biasanya)

Collapse
ariefhnd profile image
Arief Handiansyah

barokah always semuanya

Collapse
ri7nz profile image
RiN

Semoga langgeng

Collapse
root profile image
evilfactorylabs Author

Harus kak

Collapse
yuxxeun profile image
krido

Cool af 💥.
Member baru, semoga bisa nyumbang konten.

Collapse
sandycorzeta profile image
Sandy Corzeta

warga baru. semoga bisa bantu ngisi konten disini juga <3

Collapse
alvnmfth profile image
Alvin Miftah

Keep it cool persekutuan, semoga makin amin.

Collapse
hellodit profile image
Asdita Prasetya

taqabbalallahu minna wa minkum

Collapse
alvnmfth profile image
Alvin Miftah

amin mz asdit

Collapse
root profile image
evilfactorylabs Author

Pagi2 di akhir pekan dah dibikin pusing aja nih mikirin makin amin apaan